PDIP Kalsel Wajibkan Calegnya Ikuti Psikotes | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 04 Februari 2023

PDIP Kalsel Wajibkan Calegnya Ikuti Psikotes

BERITABANJARMASIN.COM - DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalsel mewajibkan calon legislatif (caleg) mereka menjalani psikotes.

"Psikotes itu kita wajibkan. Masih ada beberapa caleg belum melakukan itu kita akan dorong saat tahap kedua," ujar Sekretaris PDIP Kalsel, M Syaripuddin usai mengikuti workshop pemenangan pemilu, Sabtu (4/2/2023) di Banjarmasin.

Disebutkan lelaki yang akrab disapa Bang Dhin ini, sebelum ditetapkan menjadi caleg PDIP sesuai aturan akan melakukan psikotes terhadap calon bersangkutan. Selanjutnya setelah ditetapkan maka caleg akan diikutkan untuk sekolah partai.

Ia juga menjelaskan, PDIP menggunakan sistem skoring dalam penetapan nomor urut caleg dalam daftar pemilih. Beberapa hal yang menjadi penilaian yaitu ketokohan dan pangkat dalam kepengurusan di tingkat partai. 

Para caleg yang mendaftar di PDIP tersebut terangnya berasal dari berbagai kalangan baik tokoh masyarakat, akademisi, tokoh perempuan dan anak-anak muda untuk mengisi di dapil kabupaten/kota, provinsi maupun DPR RI. Meskipun tak secara gamblang menyebut, Bang Dhin mengakui memang ada nama-nama baru.

Lanjutnya, penentuan caleg tersebut kata Bang Dhin akan dibawa dalam rapat yang menghadirkan DPD, DPC hingga DPP partai. "Nanti penentuannya di tanggal 11 Februari 2023 siapa saja nama-nama terpilih dan diketahui susunannya," terangnya.

Mengenai target lanjutnya, PDIP mengharapkan hasil pemilu 2024 untuk Senayan sama seperti tahun 2019 sedangkan di Kalsel paling tidak bisa mempertahankan perolehan kursi atau suara terbanyak di nomor dua. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner